• Breaking News

    Perawatan Kecantikan

    Wednesday, April 5, 2017

    Manfaat Daun Sereh Untuk Wanita

    Manfaat Tumbuhan Daun Sereh Untuk Kesehatan Tubuh – Tanaman sereh merupakan tanaman herbal yang berasal dari keluarga rumput Poaceae. Sereh banyak tumbuh di daerah tropis Asia. Tanaman tersebut memiliki batang kasar, berumbai dengan daun tengah yang tumbuh pada tandan dan tebal serta mampu tumbuh dengan tinggi sekitar 3 meter.
    Di Indonesia sendiri, Sereh banyak digunakan untuk campuran bahan makanan. Selain digunakan untuk bahan makanan, manfaat sereh untuk kesehatan juga tak kalah banyak, dengan adanya sifat anti – bakteri, anti – mikroba, dan anti – jamur sereh banyak dimanfaatkan di seluruh Asia Tenggara, Benua Afrika, dan Benua Amerika untuk bahan alami menyembuhkan beberapa macam penyakit.
    Manfaat Daun Serai

    Tanaman sereh sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, sereh mampu membantu mengurangi gangguan lambung, gangguan pernapasan, demam, nyeri, insomnia, remadtik dan edema. Antioksidan yang ada di dalam sereh juga mampu untuk membantu mempertahankan tingkat kolesterol , system saraf, kulit yang sehat, dan system kekebalan tubuh. Sereh juga dapat membantu untuk mengatasi diabetes, kanker, obesitas dan banyak digunakan untuk aromaterapi dan dapat membantu mengurangi kecemasan, kelelahan.
    Sereh merupakan gudang nutrisi aromatic yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan manusia. Sereh merupakan sumber vitamin penting seperti A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) B5 (asam pantotenat), B6 pyridoxine), folat dan vitamin C. Di dalam sereh juga terdapat mineral penting seperti potassium, kalsium, fosfor, mangan, tembaga, magnesium, seng, dan besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh tetap sehat. Sereh tidak mengandung kolesterol dan lemak yang berbahaya bagi tubuh.

    Manfaat Sereh Untuk Kesehatan Tubuh :

    1. Gangguan perut

    DI dalam sereh terdapat kandungan minyak atsiri yang memiliki sifat anti mikroba dan anti bakteri yang membantu memerangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri pathogen seperti helicobacter pylori dan Escherichia coli. Sereh bermanfaat untuk pencegahan gangguan gastro intestinal seperti ulkus lambung, sereh juga membantu merangsang fungsi usus dan dapat membantu pencernaan. Di dalam sereh juga terdapat sifat anti inflamasi, dimana anti inflamasi ini berfungsi untuk mengobati sembelit, diare, mual dan nyeri pada perut.
    1. Menyembuhkan insomnia

    Sereh juga berfungsi untuk menenangkan otot dan saraf, sehingga dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak. Sereh juga memiliki sifat sedative dan hipnotik, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anda.
    1. Mengatasi demam

    Didalam sereh terdapat efek anti– piretik (mengeluarkan keringat), efek ini dapat menurunkan demam, yaitu merangsang seseorang untuk mengeluarkan keringat.
    1. Gangguan pernapasan

    Sereh bermanfaat untuk pengobatan batuk dan pilek. Senyawa sehat lainnya yaitu vitamin C dalam serai dapat mengatasi penyumbatan hidung karena flu dan gangguan pernapasan lainnya
    1. Mengurangi nyeri

    Kandungan yang terdapat pada sereh mampu mengurangi nyeri, hal ini karena di dalam sereh terdapat fitonutrien yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi kejang, keseleo, kram otot dan sakit punggung. Sereh juga dapat untuk mengobati luka dan memar akibat kecelakaan.
    1. Antiseptik untuk mengatasi infeksi

    Sereh juga dapat bekerja sebagai antiseptik, dan efektif mengobati infeksi seperti kurap, luka, kaki atlet, kudis dan infeksi saluran kemih yang dihubungkan dengan sifat anti-mikroba dan anti-jamur dari sereh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa serai memiliki efek penyembuhan yang begitu cepat, seperti infeksi yang di sebabkan oleh jamur dengan jalan menghambat pertumbuhan patogen.
    1. Rematik

    Rematik adalah sakit yang terjadi di bagian tubuh seseorang. Dengan menggunakan sereh rasa sakit akan hilang. Caranya dengan mengoleskan sereh pada bagian yang sakit akibat rematik atau keseleo.
    1. Sistem saraf

    Sereh bisa menjadi tonik yang sangat baik untuk system saraf. Sereh merangsang pikiran dan membantu mengatasi kejang   – kejang dan gugup. Sereh yang digunakan untuk mandi dapat membantu untuk menenangkan saraf sehingga anda tidak mudah stress.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel