• Breaking News

    Perawatan Kecantikan

    Wednesday, April 5, 2017

    Asupan Makanan Seseorang Wanita

    Asupan Makanan Yang di Butuhkan Tubuh – Tubuh memerlukan nutrisi yang lengkap agar dapat berfungsi secara optimal. Makanan yang kita makan sehari – hari merupakan pemasok nutrisi yang paling besar bagi tubuh kita. Berdasarkan kandungannya makanan dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, yakni yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Kebanyakan makan dan nutrisi yang kurang tepat dapat membuat badan kita menjadi lebih berat sehingga tidak ideal. Kebanyakan nutrisi juga dapat menyebabkan beberapa penyakit.

    Berikut ini adalah keterangan berapa porsi yang tepat untuk tubuh beserta fungsi dan makanan yang disarankan:

    • Karbohidrat

    Merupakan sumber energy utama yang diperlukan oleh tubuh kita agar dapat melakukan rutinitas sehari – hari. Dalam rata – rata 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori. Kebutuhan rata – rata manusia akan kalori adalah sebanyak 1200 – 2000 Kalori. Kelebihan mengkonsumsi karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh akan disimpan menjadi lemak.
    Dalam karbohidrat terdapat Indeks Glikemin (IG). Angka ini menunjukkan kandungan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Semakin banyak angka IG dalam makanan, maka akan meningkatkan gula darah lebih cepat. Sedangkan dalam karbohidrat dengan angka IG lebih rendah akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Contoh karbohirat dengan IG tinggi adalah roti, jagung dan kentang. Sedangkan makanan yang mengansung karbohidrat dengan IG rendah adalah gandum dan beras merah, untuk itu kedua makanan tersebut sangat cocok dijadikan asupan makanan untuk anda yang sedang diet.
    • Protein:

      Protein dibedakan menjadi 2 macam yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani yaitu protein yang berasal dari hewan , misalnya daging, susu, dan telur. Sedangkan protein nabati yaitu protein yang berasal dari tumbuhan yang terdapat pada kacang – kacangan. Protein hewani mengandung asam amino essensial lebih dibandingkan protein nabati.
    • Lemak

    • Lemak berfungsi sebagai cadangan energy dan untuk melindungi organ tubuh. Kebutuhan lemak yang tercukupi sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, menjaga suhu tubuh dan membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik. 1 gram lemak menghasilkan sekitar 90 kalori. Lemak dibedakan menjadi 2 yaitu :
      lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik yaitu lemak tidak jenuh yang memiliki kandungan asam omega 3 yang mampu memelihara kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya jantung koroner. Lemak tidak jenuh biasa terdapat pada kacang – kacangan, ikan salmon, kenari dan alpokat. Sedangkan lemak jahat atau yang biasa dikenal dengan lemak jenuh mengandung kolesterol. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan pemicu diabetes. Lemak jenuh biasa terdapat pada daging, jeroan, atau makanan yang digoreng.
      Konsumsi lemak dalam sehari tidak boleh melebihi 35% dari total kebutuhan kalori harian dan agar bermanfaat untuk kesehatan, lemak yang dikonsumsi harus lemak yang baik.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel